Motor Viar Uji Ketangguhan

28.2.09 / Posted by RK Hatta /

Motor Viar Uji Ketangguhan Jakarta-Surabaya
Jakarta,- Sepeda motor Viar berhasil melakukan uji ketangguhan dengan rute Jakarta-Surabaya non stop pada 5-6 Juli lalu. Uji ketangguhan ini diselenggarakan untuk memberi bukti bahwa motor buatan non Jepang pun dapat diandalkan ketangguhannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh pihak Viar pada acara jumpa pers yang diadakan di Hotel Santika Jakarta, kemarin.

Viar yang masuk ke Indonesia pada tahun 2000 telah menguji motornya dengan rute Jakarta-Palembang pada Oktober 2002 lalu. Akan tetapi uji coba kali ini lebih digarap serius. Enam pengendara yang kesemuanya adalah konsumen pemakai motor Viar diajak turut serta untuk menjadi penguji dari acara ini. Sedangkan motor yang digunakan adalah motor pribadi penguji.

Jarak yang ditempuh dari Jakarta ke Surabaya adalah 896 kilometer dan dibagi menjadi dua etape. Etape pertama mengambil rute Jakarta -Semarang. Start dimulai di Taman Monumen Nasional (Monas) pukul 08.00 Wib dan sampai di Semarang tepatnya di pabrik Viar pukul 22.00 Wib pada hari yang sama. Perjalanan dilanjutkan tepat tengah malam untuk menempuh etape kedua Semarang-Surabaya. Etape kedua ini berjalan lancar, dan rombongan penguji sampai di Surabaya tepat pukul 07.00 Wib dan disambut atraksi kesenian daerah setempat.

Uji coba ini menurut ketua pelaksana Yucuanto tidak mengalami kendala yang berarti. "Uji ketangguhan ini berlangsung lancar dan tanpa kendala. Pengendara dan motornya sampai dengan sehat walafiat di tempat tujuan".

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu penguji, Junaedi asal Bandung. "Perjalanan tanpa masalah baik motor ataupun hal lainnya," ujar pria yang mengaku baru lima bulan membeli motor Viar ini. Yucuanto menambahkan, bahwa dari seluruh rangkaian uji ketangguhan tersebut hasil akhirnya adalah mesin terbukti handal, bahan bakar hanya terpakai 14, 9 liter untuk uji ketangguhan ini. Menurut Yucuanto hasil ini sesuai dengan tema acara tersebut, yaitu 'siapa bilang Viar tak setangguh motor Jepang".

Sewaktu ditanya mengenai suku cadang dan penjualan kembali, Akwan menjanjikan suku cadang terjamin dan motor yang akan dijual kembali oleh konsumen akan dibeli dengan harga yang pantas. Karena hal ini sudah menjadi tanggung jawab Viar sebagai pihak produsen. "Suku cadang baik lokal maupun impor kami jamin tersedia dipasaran dan tidak perlu dikhawatirkan," ujarnya menutup acara jumpa pers.(